Hantu Merah Jambu



“Cordooooonnnn...” Lolongan panjang memecah dinginnya udara di pagi itu.
Ah Emak Gue ini emang makhluk ajaib, Adzan Subuh belum lagi berkumandang, bahkan ayam jago pun masih meringkuk dikandangnya.
“Cepetan bangun, mandi, solat subuh, terus bantuin Emak angkutin barang dagangan ke kios!” Bantuin Emak beres-beres kios jadi rutinitas Gue sebelum berangkat sekolah setiap hari. Emak sama Bapak Gue itu punya kios Pisang Goreng Crispy, ngga jauh dari rumah.

Oh iya, perkenalkan nama Gue “Chicken Cordon Bleu”...
Iya… kalian ngga salah baca, itu emang nama Gue, tapi jangan menghina nama Gue, Emak-Bapak Gue punya cerita dibalik nama itu. Pada malam menjelang Emak Gue melahirkan, Bapak dan Emak Gue kebingungan mau naik apa ke rumah sakit, soalnya waktu itu hari sudah larut malam, Bapak Gue panik setengah mati karena  si Emak udah teriak-teriak kaya tukang perabot yang suka keliling dikampung, mungkin saking ngga kuat nahan sakit mau melahirkan. Nah disaat-saat genting itu munculah seorang pahlawan berparas tampan, orang Bule yang kebetulan lewat entah dari mana dan mau kemana, Dia yang lihat Bapak Gue Berdiri dipinggir jalan kaya orang bingung ditambah lagi disampingnya ada Emak-Emak dengan perut besar lagi teriak-teriak, seketika  menghentikan mobilnya di depan Emak dan Bapak lalu menawarkan tumpangan.

Emak sama Bapak Gue dianter sampe rumah sakit bahkan kata Bapak, itu Bule juga yang bayarin uang muka Rumah Sakit. Saat Emak di ruang bersalin Bapak yang nunggu diluar kelihatan kepanikan, terus itu Bule ngasih sebotol air mineral dan sekotak makanan lalu pamit pulang. Sayangnya saking paniknya Si Bapak, Dia lupa nanyain 

 

Nama dan ngucapin terima kasih sama itu Bule. Selang satu jam kemudian Gue lahir dengan selamat.
“Alhamdulillah, anak kita laki-laki Pak.” Emak kegirangan
“Iya Alhamdulillah Mak, semuanya lancar.”
“Kemana orang yang anterin kita tadi Pak?” Emak baru sadar kalo itu Bule udah ngga ada disitu.
“Dia udah pergi Mak, sayang banget tadi saking paniknya Bapak lupa ucapin terima kasih sama dia.”
“Sebelum pergi tadi dia sempet kasih Bapak Sebotol air sama makanan ini nih, Bapak belum sempet buka!” Bapak menunjukan kotak makanan pemberian si Bule tadi. Lalu pandangan Emak dan Bapak tertuju pada tulisan di atas kotak makanan itu. “Chicken Cordon Bleu”
“Oh mungkin ini nama Bule itu Pak!” Emak yang Cuma sekolah sampe kelas empat SD nyangka itu tulisan namanya Bule itu.
“Mungkin juga Mak, Gimana kalau sebagai ucapan terima kasih kita sama Dia. Anak kita, kita namain sama kaya nama Dia, Chicken Cordon Bleu. Siapa tau bisa jadi ganteng kaya Dia.” Si Bapak melontarkan ide yang dikemudian hari membuat Gue jadi bahan olok-olokan orang. Si Emak cuma senyum-senyum terus bilang “Iya, boleh juga Pak!”. Untunglah Gue tinggal di pinggiran kota, yang sebagian besar warganya makan pagi dengan nasi uduk dan lontong sayur, jadi jarang yang Ngeh kalo nama Gue itu identik dengan nama makanan Bule.

Nah begitu ceritanya kenapa Gue dinamain Chicken Cordon Bleu. Ngga kebayang kalo waktu itu yang nolongin Emak dan Bapak Gue bawa kotak makanan tulisannya Washabi, pasti sekarang nama Gue Washabi, Pedes beneeerrrr.....
*****

Hari ini kelas XII IPS sedang berlangsung Ujian Semester. Suasana seharusnya sepi dan tenang seperti papan pengumuman yang ada di depan sekolah : “HARAP TENANG SEDANG BERLANGSUNG UJIAN SEMESTER”. Tetap saja masih terdengar suara-suara gaduh dari dalam kelas, karena jam ujian belum dimulai.

“Wooiiii… perhatian, udah pada tau belom, habis ujian semester si Cordon mau nembak gebetannya!” Celetuk Nurdin teman sebangku Cordon yang memang dikenal usil.

“Emang mau nembak siapa dia Din, Mbak Parti yang jaga kantin ya? Hahahaha” sahut Ernest yang juga teman dekat Cordon disambut tawa riuh teman-teman sekelasnya.

“Ah sialan lu Din, kenapa lu omongin sama anak-anak!” Cordon tersipu lalu menarik-narik lengan baju Nurdin yang sedang berdiri.

“Kagak Nest, dia mau nembak itu si Mikha kedelai hitam yang saya rawat seperti anak saya sendiri.” Udin menirukan dialog iklan yang sedang hits saat itu.

“Oh si Mikha anak IPA itu? Yang anaknya pendiem terus berhijab? Wah sadiiiisssss si Cordon seleranya yahuuuut!” jawab Ernest

“Gue sebagai cewek Cuma mau ngasih tau elo Don, cewek itu suka cowok yang gentlemen dan berani mengungkapkan isi hatinya dengan jujur. Kita sekelas dukung Loe kok.” Dian salah seorang siswi di kelas itu ikut nimbrung (Do’i ngomong sambil kibas rambut), yang justru malah makin membuat Cordon tersipu malu.

“Tenang Cordon ngga perlu minder apalagi malu, dulu juga Gue selalu malu kalo mau pedekatein cewek, tapi setelah berobat ke klinik “SONG PANG” Gue jadi malu-maluin. Hahahaha” lagi-lagi Ernest meledek Cordon yang mukanya sudah merah padam seperti kepiting rebus.

“Ah sialan lu pada bisanya ngeledekin Gue doang!” Cordon mulai gusar, lalu celoteh anak-anak pun mendadak berhenti ketika sosok Pria tinggi besar berkumis tipis masuk ruang kelas, –Pak Yandri- dia pengawas ujian kali ini.

“Siapkan alat tulis kalian, ujian kita mulai!” Pak Yandri membei tanda ujian akan segera dimulai.

10 Menit kemudian…

“Cordon, cordon!!” Panggil Ernest yang duduk tepat dibelakang Cordon setengah berbisik.

“Nomor 1 sampe 30 dong, Gue pusing banget nih!!”. Cordon cuma menoleh sesaat lalu memberikan Ernest secarik kertas. “Loe mau nyontek atau mau nyuruh Gue ngerjain soal loe, masa nyontek banyak banget, MAKANYA BELAJAR!!! ERNEST memasang tampang kesal setelah melihat isi dari kertas yang diberikan Cordon.

“Ernest, Cordon, ada apa ribut-ribut.” Pak Yandri yang menyadari ada kegaduhan segera menegur mereka berdua.

“Ini Pak biasa orang miskin kerjanya minjem penghapus terus!” Jawab Cordon asal.
*****

Cinta...
Hal apa yang membuat hatiku berdesir semakin berdesir, sehingga tak mampu menatap penuh pesona pada wajah yang sebenarnya tergolong biasa.
Cinta...
Bukan tentang riuh redam nyanyian malam yang beradu padu bersama gemerisik embun ditepian daun.
Cinta...
Bukan tentang kisah sejatinya Romeo dan Juliet yang menggenggam cinta hingga penghujung cerita.
Cinta...
Hanya tentang gadis bertudung dengan seuntai senyum disudut lorong sekolah
Cinta...
Cinta itu Mikha
Jika membaca bait puisi diatas membuat kalian merasa sedang membaca Novel Romance,  kalian tertipu. Ha ha ha... itu Cuma celotehan isi hati gue, hati gue memang suka alay kalo lagi jatuh cinta. Padahal jatuh cinta itu adalah hal yang menakutkan buat gue, menakutkan melebihi hantu, dan gue menyebutnya “Hantu Merah Jambu”. Kenapa Hantu dan kenapa harus merah jambu? Karena dari 10 kali nembak cewek, 9 diantaranya Gue ditolak dan 1 lagi ngga diterima (Eh, sama aja ya?!). Cukup menakutkan bukan untuk tipe cowok menyenangkan macam gue?!!! Tapi biarpun menakutkan dia tetap unyu-unyu dan selalu membuat hati Gue tertarik saat merasakan debarannya, layaknya warna merah jambu. Titik dua huruf D.
*****
Laksmana Raja Di Lauuuttt... Bersemayam dibukit batu... Aaahay... Hati siapa... Aaahay... tak terpaut... mendengar lagu Zapin melayu...

Ajiiiibbb.... matahari baru aja menebar senyum, ayam jantan belum lagi lama berkokok, kios pisang goreng Bapak Gue udah riuh dengan nada irama melayu macam ini. Tapi itulah yang membuat Gue bangga sebagai anaknya, Emak Bapak Gue seolah ngga pernah punya masalah berat, Bapak Gue pernah bilang “Hati Kita kecil, daya tampungnya juga sedikit, untuk apa dipersempit dengan kesusahan”. Kadang kalau kepepet Bapak Gue bisa pinter juga kaya Om Mario Teguh, he he he.

“Pak... Gimnana sih dulu ceritanya Bapak bisa nikah sama Emak?” Bapak yang lagi sibuk memotong dan menguliti pisang seketika memalingkan muka asemnya ke arah Gue sambil pasang kerut di dahi kemudian balik nanya.

“Lah tumben Lu tanya gitu tong, ada apa hayo.... Jangan-jangan Elu lagi jatuh cinta sama cewek ya? Coba cerita sama Bapak!”

“Ah... Bapak... orang ditanya malah balik tanya? Cordon tuh pengen tau gimana ceritanya Emak yang semok gitu bisa mau sama Bapak yang sangar dan asem abis mukanya.” Pertanyaan sakti Gue ini mampu membuat Bapak menghentikan sejenak aktivitas potong-memotongnya.

“Eeehhhh.... sembarangan Lu tong, biar gini-gini Bapak dulu banyak dikejar-kejar Cewek. Dulu itu Bapak ibaratnya Koper Boy di kampung Juralit ini!” Kalau udah mulai bersungut-sungut gini Bapak Gue mulai seru ceritanya, He he he.

“Maksudnya tukang angkat koper ya Pak?”

“Enak aja Lu sekate-kate kalo ngomong, ntu Koper Boy atau apa dah istilahnya kalo cowok-cowok kece yang suka jadi sampul majalah remaja!”

“Coverboy kali pak?!”

“Nah betul itu, eh tapi tumben-tumbenan Lu Tanya begituan sama Bapak. Elu lagi jatuh cinta emangnya? Sama siapa?  Coba cerita sama Bapak!”

“Udah siang Pak, Cordon berangkat sekolah dulu. Assalamu’alaikum…” Gue males cerita sama Bapak, entar yang ada malah jadi ribet. Maka Gue putuskan untuk ambil langkah seribu.

“Wa’alaikumsalam… eh dasar bocah ya, ditanya malah kabur!” sahut Bapak agak sedikit ngedumel.

*****
Hujan seakan menahan langkah kaki gadis remaja manis berhijab itu untuk segera beranjak dari tempat tidur dan pergi ke Sekolah,

“Arrgghh. Kenapa rasa malas ini menggelayutiku. Kalau saja hari ini aku tidak harus mengumpulkan tugas, enggan sekali rasanya menerobos rintik hujan dan bermanja-manja dengan awan mendung yang menggantung. Bantal dan selimut ini lebih menggodaku.”

“Ooppsss... Astaghfirullahaladzim… kenapa aku biarkan setan menguasai pikiranku dan menggodaku dengan rasa malas.” Pikirnya sembari bergegas beranjak dari tempat tidurnya.

Dibuka jendela kamar yang menghalangi pandangannya untuk menikmati keindahan pagi. Hening malam, pekat dan gulitanya telah lebur bersama embun pagi yang sesaat lagi segera hilang tertelan matahari, kicau burung bersahutan bersama rintik gerimis yang belum juga bosan menghampiri bumi, aduhai… melengkapi keindahan pagi, sejenak Dia menatap kosong keluar jendela, kemudian bergegas mandi untuk pergi ke sekolah.

Disusurinya lorong-lorong kelas pagi itu, hening. Kedua bola matanya melirik sejenak kearah tiga buah jarum jam yang ada pada jam tangannya. Pukul 06.15 masih terlalu pagi rupanya, pantas saja sudut-sudut sekolah masih terasa sepi.

Bruaakkk…
Gadis itu menabrak sesuatu dihadapannya, berserakan dilantai buku-buku yang semula berada digenggamannya, dialihkan pandanganya kearah sesuatu yang ditabraknya, Nampak sosok Pria tinggi dengan kulit sawo matang dan berkaca mata, manis. Demikian deskripsi gadis itu tentang sosok yang ditabraknya, wajahnya nampak familiar, karena yang ditabraknya adalah Gue Chicken Cordon Bleu, ha ha ha. Dan gadis itu adalah Mikha, anak kedelai yang saya rawat seperti anak saya sendiri, eh bukan, hehe. Dia ini gadis berhijab yang sudah lama bikin jantung Gue Dag Dig Dug Serrr…

“Hati-hati jalannya.” Ucap Gue dengan jurus Dua Dua Tujuh di bibir Gue, Dua Sentimeter garis bibir ke kiri, Dua Sentimeter garis bibir kearah kanan, dan pertahankan selama Tujuh Detik, -senyum-. Dia membalas dengan perlakuan yang sama, alamak… semakin membuat Gue Dag Dig Dug.
Kemudian Gue lancarkan jurus berikutnya, berharap bisa seperti iklan-iklan parfum di Tipi. Satu persatu bukunya yang berserakan dilantai Gue punguti, lalu Gue berikan buku-buku itu, hembusan nafas Gue tetiba terasa berat, jantung Gue seakan berpacu semakin kencang, Doomm Ratatata…. Seperti tetabuhan gendang Film India, Sedikit lebay tapi ngga apa-apa, namanya juga fiksi. He he he.

“Omegot… Kamu ngga apa-apa kan?” Asli ini pertanyaan basi banget, tapi Gue harus tetep nanya gitu, berharap ada bahan untuk obrolan selanjutnya.

“Eh, Cordon… Ngga apa-apa kok!”

“Tadi Kamu bilang apa, Omegot? Apa itu?” Tanya Mikha keheranan

“Omegot Mikha… itu plesetan dari kata Oh My God.” Gue sedikit memberi penjelasan.

“Cordon, Kamu Muslim kan?” Mikha pasang muka serius

“Tentu saja Mikha, sejak lahir sampai detik ini, Alhamdulillah Aku masih Muslim!” Gue mulai bingung apa maksud dari pertanyaan Mikha.

“Cordon,.. jangan lagi mengucap Omegot, karena Tuhan kita bukan si Megot. Tuhan kita Allah Subhanahuwata’ala, Tuhan semesta alam. Biasakan mengucap kalimat-kalimat Thoyyibah setiap menghadapi berbagai peristiwa dalam hidup kamu.”  Makjleb… Ucapannya sedikit, tapi cukup menohok di hati Gue, wajah Gue seketika merah padam, bukan tersipu layaknya anak perawan yang sedang jatuh cinta. Gue malu sama tingkah Gue sendiri, bagaimana mungkin dihadapan Gadis yang selama ini Gue idam-idamkan, Gue malah menjatuhkan harga diri Gue sendiri. Tapi, perasaan itu segera Gue tepis. Masya Allah… bukan hanya cantik raganya saja, Dia juga cantik akhlaknya.

“Kalimat Thoyyibah? Seperti apa itu Mikha?” kali ini Gue mencoba bertanya lebih jauh.
“Kalimat Thoyyibah itu kalimat-kalimat baik yang dianjurkan oleh Allah. Diantaranya, Bismillahirohmanirrohiim… ketika kita hendak memulai suatu pekerjaan. Alhamdulillah… ketika kita merasakan nikmat atau selesai melaksanakan sesuatu. Masha Allah… ketika kita kagum terhadap sesuatu. Subhanallah… ketika ada sesuatu yang mengejutkan. Astaghfirullahaldzim… ketika terjadi suatu kesalahan. Dan masih banyak lagi kalimat lainnya.” Penjelasannya kali ini semakin membuat Gue terkagum-kagum padanya.
“Oh gitu ya, terima kasih banyak ya Mikha sudah mengingatkan”
“Ya sama-sama. Aku permisi dulu mau ke kelas!” Gadis cantik berhijab itu berlalu dihadapan Gue.
*****
Seminggu telah berlalu sejak kejadian itu, dan itu benar-benar membuat Gue banyak berubah, Gue yang serampangan dan suka berucap sesuka hati, perlahan Gue perbaiki. Dia mengetuk hidup Gue, tepat di hati Gue. Semakin hari, rasa kagum Gue padanya semakin memuncak, ingin segera Gue ungkapkan.

Siang itu, tepat jam istirahat sekolah. Gue coba menghampiri Mikha yang sedang menikmati makan siangnya dikantin.

“Assalamu’alaikum Mikha…” Gue mengucap salam dan membuka obrolan, diiringi kata cieee… cieee… bertebaran dikantin sekolah, karena memang saat itu kantin sekolah sedang ramai pengunjung.

“Awas, modus dia Mikha!” Suara itu.. sepertinya Gue kenal.

Dan benar saja, itu suara Dian si kibas rambut temen sekelas Gue.

“Wa’alaikumsalam, ada apa Cordon?” Mikha menjawab salam Gue dengan lembut

“Hmm… Aku mau ngomong sesuatu sama Kamu!” dengan jantung yang berdegup semakin berdegup, dan tangan yang gemetar demikian gemetar. Gue beranikan diri mengucapkannya

“Iya kenapa, silahkan ngomong aja!”

“Hmmm… Begini Mikha…” Ucapan Gue terputus sesaat, Mikha semakin mengerutkan dahinya.

“Hari ini… dihadapan temen-temen yang ada dikantin ini, Aku mau bilang… Aku suka sama Kamu… Aku Sayang sama Kamu…” Tangan Gue masih gemetar, jantung ini semakin berdegup tak beraturan, ditambah sorak sorai temen-temen seisi kantin.

Terima… terima… terima…

Arrghhh…. Teriakan-teriakan itu semakin membuat wajah Gue pucat pasi.

“Cordoonn… sebelumnya terima kasih Kamu sudah memberanikan diri untuk melakukan ini untuk Aku.” Meskipun dibarengi dengan senyum, jawaban Mikha ini belum membuat Gue lega.

“Begini Cordon, Aku tersanjung dengan perlakuan Kamu itu. Tapi… Islam punya cara yang lebih indah untuk mengutarakan Cinta.” Argh… ucapannya ini semakin membuat Gue bingung.

“Maksudnya Mikha?”

“Cordon, Islam tidak mengenal dan manganjurkan yang namanya Pacaran. Cinta dalam Islam adalah pernikahan, lalu jalan menuju kepadanya adalah ta’aruf. Dan Aku masih patuh pada aturan itu. Mohon maaf Cordon, perbaiki dulu niatmu. Bukankah kita masih terlalu muda untuk memikirkan hal tersebut. Berteman saja, niscaya itu lebih mendatangkan manfaat untuk kita. Ngga apa-apa kan?!” Kali ini lutut ini terasa lemas, mata pun berkunang-kunang rasanya mendengar jawabannya itu. Tapi Gue mencoba tetap kece dan tenang didepan temen-temen yang masih pada mengerubuti Gue dan Mikha.

“Iya Mikha, aku ngerti kok. Memang Aku yang salah, sudah lancang berbuat seperti ini.”

“Sama sekali ngga ada yang salah Cordon, seharusnya Kamu bersyukur, mungkin ini cara Allah menegurmu untuk memperbaiki diri lagi dan lagi, lebih mendekatkan diri kepada Allah, menambal amal ibadah yang masih berlubang.”

Meskipun terasa sesak didada, Gue cukup paham dengan penjelasan yang diberikan Mikha.

“Iya Mikha, terima kasih. Kita masih bisa berteman kan?!”

“Iya, tentu.. Aku akan selalu menjadi teman untuk Kamu!”

“Terima kasih..” Gue tertunduk antara malu dan lega, ditengah riuh sorak sorai temen-temen seisi kantin.
*****
Emaaaaakkkkk……
Hantu itu datang lagi, Cordon takuuttt Maaak…
Cordon Ngga mau Jatuh Cinta lagi…
Cordon Mau Kawin Ajaaaaa….

-Nah Loch!!!-  :D




BIODATA
C:\Documents and Settings\Intel\My Documents\aef.jpg

Sang Shafa, Laki-laki kelahiran Jakarta 27 tahun silam. Tercatat sebagai Staff di salah satu Perusahaan Swasta Nasional. Penyuka anime Doraemon dan seorang Kopites / Liverpudlian. Mulai kembali aktif di dunia literasi sejak mengenal dunia blogging dan tergabung dalam beberapa perkumpulan blogger.
Insan dhaif yang masih Fakir ilmu dan miskin cerita, saran dan kritik bisa disampaikan melalui akun Facebook: Sang Shafa. Dan akun twitter : @SangShafapart2. Beberapa tulisan bisa di lihat di blog: http://alfarhomeo.blogspot.com. Email: aef.saifull@gmail.com Telp : 085883714677

Comments

Popular posts from this blog

Narasi Perpisahan

NASKAH TEKS MC HIBURAN SDI PELITA HATI